Jenis – Jenis Motherboard

Jenis – jenis Motherboard – sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis Motherboard mungkin ada baiknya anda baca dulu postingan sebelumnya yaitu Pengertian Motherboard, Fungsi Motherboard dan Perkembangan Motherboard.

Jenis-jenis Motherboard

Jenis – Jenis Motherboard Komputer

Jenis motherboard AT baby / AT yaitu format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. kemudian format tersebut diganti oleh format ATX, dimana formar ini membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk mengakses komponen-komponen komputer.
Jenis motherboard ATX : Format ATX adalah upgrade ke Baby-AT. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan. Perangkat koneksi pada motherboard ATX ini dirancang untuk menancapkan peripheral semudah mungkin (misalnya, IDE konektor yang terletak di samping disk.) Apa lagi, komponen motherboard yang disusun secara paralel, sehingga untuk meningkatkan pembuangan panas.

  1. Standar ATX : Format ATX standar tradisional 305×244 mm. Ini mencakup AGP konektor dan 6 PCI konektor.
  2. mikro ATX : Format microATX adalah upgrade ke ATX, formatnya yang lebih kecil (244×244 mm) menjadi salah satu keunggulan utamanya, dengan biaya yang relatip murah. Micro-ATX termasuk AGP dan 3 konektor PCI konektor.
  3. Flex-ATX : FlexATX merupakan perkembangan dari microATX yang menawarkan fleksibilitas produsen besar ketika merancang komputer mereka. Ini mencakup AGP dan 2 konektor PCI konektor.
  4. mini-ATX : miniATX adalah alternatif yang kompak untuk format microATX (284×208 mm), dan termasuk AGP dan 4 konektor PCI konektor, bukan 3 yang datang dengan microATX. Hal ini terutama ditujukan untuk mini-PC (Barebone komputer).

Jenis motherboard BTX : Format BTX (Balanced Technology eXtended ), didukung oleh Intel, adalah format yang dirancang untuk memperbaiki pengaturan komponen, sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, dan pengendalian panas. berbagai Konektor (slot memori, slot ekspansi) diselaraskan secara paralel, ke arah di mana udara mengalir. Kabel listrik BTX adalah sama dengan pasokan listrik ATX. Standar BTX mendefinisikan tiga format:

  1. BTX standar , dengan dimensi standar 325×267 mm;
  2. mikro-BTX , dengan dimensi kecil (264×267 mm);
  3. pico-BTX , dengan dimensi jauh lebih kecil (203×267 mm).

Jenis motherboard ITX : Format ITX ( Teknologi Informasi extended ), didukung oleh Via, adalah format yang sangat kompak yang dirancang untuk konfigurasi miniatur seperti mini-PC. Ada dua utama ITX format:
Jenis motherboard mini-ITX , dengan dimensi kecil (170×170 mm) dan PCI Slot.
Jenis motherboard nano-ITX , dengan dimensi yang sangat kecil (120×120 mm) dan slot MiniPCI. Untuk alasan ini, pilihan motherboard (dan faktor bentuk) tergantung pada krbutuhan.

nah itulah Jenis – Jenis Motherboard, semoga postingan Jenis – Jenis Motherboard ini bisa bermanfaat buat kita semua, dan jangan lupa baca juga postingan Pengertian Motherboard, Fungsi Motherboard dan Perkembangan Motherboard. Terima Kasih

Referensi : Chapila.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *